RSS

FATWA ‘ULAMA TENTANG MENDENGARKAN RADIO HIZBIYYUN DAN MENDATANGI KAJIAN MEREKA

19 Sep


Pada dauroh sehari di Cirebon (1433 H / 2012 M), selain diadakan tausiyah juga dibacakan hasil pertemuan/musyawarah para asatidzah di Cirebon (Kabupaten Kuningan) yang merupakan fawaid dari ‘umroh dan kunjungan para asatidz ke ‘Ulama Yaman dan Saudi ‘Arabia (1433 H / 2012 M). Berikut sedikit kutipan inti dari hasil musyawarah asatidz mengenai hukum mendengarkan radio hizbiyyin dan mendatangi kajian mereka (diambil dari rekaman):

“Dan kemudian sesi yang kedua adalah masalah beberapa faedah yang disampaikan para asatidzah diantaranya Ustadz Luqman, Ustadz Qomar, Ustadz Muhammad (‘Umar As Sewwed) dan tentunya sebagian yang tidak bisa saya sampaikan di sini.. sebagian insyaa Alloh bisa saya sampaikan di sini diantaranya adalah pertanyaan Ustadz luqman kepada Syaikh Ubaid Hafidzahullohu ta’ala..na’am.. tentang masalah radio (seperti radio rodja dan semisalnya) radio-radio yang disitu dikelola hizbiyyin, yang pengisinya turotsiyyin, hasany,..bagaimana pendapat syaikh tentang masalah radio yang seperti ini?
(jawaban Syaikh): Tidak boleh bagi salafiyyin dan tidak boleh bagi thulabul ‘ilmi untuk mendengarkannya..dan juga tidak boleh untuk para DA’I untuk mendengarkannya KECUALI ia mendengarkan untuk MEMBATAHNYA!”

“Kemudian faedah ketika beliau (Ustadz Muhammad ‘Umar As Sewwed) berkunjung ke Asy Syaikh Muhammad Bin Hadi hafidzahullohuta’ala, beliau bertanya tentang masalah dauroh-dauroh yang diadakan oleh hizbiyyin yang mengundang sebagian ‘ulama ahlussunnah, apakah boleh bagi salafiyyin untuk menghadiri muhadhoroh-muhadhoroh (ceramah-ceramah) yang panitianya adalah hizbiyyin?
(Jawaban Syaikh): Ini sungguh aneh (kata syaikh hafidzahullohu ta’ala) kalau seandainya panitianya adalah mereka (hizbiyyin)… kemudian yang hadir itu bercampur dan banyak mereka (hizbiyyin)…Jangan kamu perbanyak jumlah mereka! JANGAN HADIR! JANGAN KAMU MEMPERBANYAK JUMLAH MEREKA!”

Untuk mendengarkan rekamannya klik di sini

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 19, 2012 in Fakta-fakta, Hukum, Nasihat, Update Info

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: